Mukernas HMPII VI Periode 2015-2017 di Universitas Negeri Padang

PADANG-UNP, Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Padang, menjadi tuan rumah acara Musyawarah Kerja Nasional Dewan Pengurus Puat (DPP) Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII). Kegiatan ini berlangsung pada Jum’at-Minggu, 15-17 April 2016, yang bertempat di fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. Adapun peserta dari acara Mukernas HMPII ini berjumlah 50 orang perwakilan delegasi masing masing Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Perpustakaan yang berasal perguruan tinggi di Indonesia diantaranya, Universitas Diponegoro, UIN Ar-Raniry Aceh, Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Indonesia, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Universitas Bengkulu, Universitas Lancang Kuning, Universitas Negeri Padang, Universitas Cendrawasih Papua,dan Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Selain acara Mukernas, acara seminar MEA tentang peluang dan tantangan karier menghadapi masyarakat ekonomi ASEAN menjadi awal pembukaan kegiatan Mukernas ini, dengan pemateri yaitu Dr. Agus Rusmana, M.A (UNPAD) dan Drs. Alwis (BPAD Provinsi Sumatra Barat). Kegiatan ini di buka oleh Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, Prof. Dr. M. Zaim, M.Hum.

Acara seminar diawali dengan tarian khusus khas Minang yaitu Tari Piring yang gerakannya merupakan gerakan tarian khas daerah Minang, tarian ini sering di gunakan untuk membuka acara-acara yang diselenggarakan oleh masyarakat Padang, Sumatera Barat. Kegiatan ini berlangsung dengan lancar.

Usai seminar, acara dilanjutkan dengan kegiatan inti yakni Mukernas HMPII pada pukul 14.00 WIB. Kegiatan Mukernas diawali dengan jargon semangat HMPII, dan menyanyikan Mars HMPII. Adapun agenda-agenda yang akan dibahas di acara musyawarah ini adalah pembahasan tata tertib, pandangan umum DPP,dan DPW terkait arah kerja HMPII pasca kongres, pembahasan proggram kerja dan pengesahan hasil musyawarah.

Musyawarah ini diawali dan dipimpin oleh pengurus DPP HMPII, yakni Arfah selaku ketua, Dimas Ahmad Eka Putra selaku Sekjen dan Niko W. Pradana selaku anggota untuk membahas tata tertib musyawarah. Setelah selesai membahas tata tertib, pimpinan musyawarah diambil alih oleh Rinaldy Prihandoko dari Universitas Indonesia, Riska Ramadhani dari UIN Ar-Raniry Aceh, dan Auliah Fahmi dari Universitas Diponegoro.

Saat pembahasan musyawarah program kerja, banyak agenda dan program kerja yang diajukan dan disepakati di dalam musyawarah ini. “Besar harapan saya semua anggota HMPII baik yang ada di DPP maupun di masing-masing DPW dapat bekerja sama untuk menjalankan proggram-program kerja yang sudah di musyawarahkan dan ditetapkan, sehingga tercapai visi dan misi organisasi HMPII”, harap Arfah.

Tak terasa musyawarah pun selesai dilaksanakan, pada hari sabtu tersebut sekitar pukul 17.00 WIB. Pada malam Sabtu 16 April, pukul 20.00 WIB, panitia pun menyelenggarakan malam keakraban yang dilaksanakan di Hotel Taka Najuwo Padang. Kegiatan makrab atau malam keakraban ini berlangsung dengan meriah dengan di hadiri Ibu Ketua Prodi Jurusan Ilmu Perpustakaan dan beberapa dosen jurusan ilmu perpustakaan turut meramaikan malam keakraban tersebut. Malam keakraban ini merupakan malam yang sangat berkesan, seluruh peserta delegasi menampilkan penampilannya-penampilan yuang luar biasa, mulai dari bernyanyi, menari, stand up comedy, bahkan sulap ditampilkan oleh teman-teman delegasi Musyawarah Kerja Nasional HMPII ini.

Usai malam keakraban, keesokan harinya, Minggu 17 April 2016, peserta diajak berdarma wisata bersama panitia Mukernas dengan menyambangi keindahan alam Sumatera Barat, serta menikmati makanan khas dari padang, yakni kerupuk Sanjai yang juga dijadikan oleh-oleh. Puas berwisata, para peserta Mukernas pun diantar ke bandara untuk melanjutkan perjalanan menuju universitas masing masing.

Musyawarah Kerja Nasional HMPII merupakan kegiatan yang di adakan setiap periode baru kepengurusan untuk menetapkan program kerja yang akan dikerjakan oleh organisasi untuk mencapai suatu tujuan HMPII itu sendiri. Semoga, program kerja yang telah ditetapkan ini dapat terselenggara sesuai harapan.

Salam Tanah Datar, Negeri Padang, Sumatera Barat.

HMPII, DARI KAMI UNTUK NEGERI.

HMPII

DPP HMPII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *