HMPII Tularkan Virus Baca Di Taman Kota Malang

Menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2015, Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI), bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) chapter Malang dan Komunitas Global Peace Youth Indonesia (GPYI) chapter Surabaya mengadakan program membaca masal di Taman Trunojoyo Kota Malang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat yang berkunjung ke Taman Trunojoyo untuk ikut membaca bersama di taman baca dan perpustakaan keliling yang disediakan oleh Perpustakaan Umum Kota Malang.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk upaya peningkatan minat baca masyarakat. Sebagaimana penelitian penyair Tufik Ismail, tragedi nol buku pada tahun 2000an. Dimana masyarakat Indonesia diketahui memiliki minat baca yang paling rendah dibandingkan dengan negara lain. Indikator itu terlihat dari jumlah buku yang wajib dibaca pada setiap negara. Di Amerika sebanyak 32 judul buku, Belanda dan Perancis 30 buku, Jepang 22 buku, Swiss 15 buku, Rusia 12 buku, Brunei 7 buku, Singapura 6 buku, Thailand 5 buku, dan Indonesia 0 buku.

Awalnya gak mudah Mbak, ngajak orang buat ke perpustakaan, apalagi baca buku. Ujar Ira salah seorang volunteer kegiatan program membaca masal ini. Aksi sederhana dengan mensosialisasikan membaca dimasyarakat umum ini harapannya mampu menularkan virus gemar membaca dan mampu menyadarkan masyarakat akan fungsi perpustakaan. Kegiatan seperti ini selanjutnya juga akan dilangsungkan di beberapa kota lain seperti Surabaya, Kediri, dan Purbalingga. (Rep:FS)

HMPII

DPP HMPII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *