Bulan Kunjungan Perpustakaan di Malang #Part 2

Arek Malang Kudu Pinter, Arek Malang rajin nang Perpustakaan

Peringatan Bulan Kunjung Perpustakaan yang jatuh pada Bulan September merupakan salah satu upaya yang dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk meningkatkan kunjungan masyarakat ke perpustakaan. Upaya tersebut didukung baik oleh Himpunan Mahasiswa Perpustakaan dan Informasi Indonesia (HMPII) di Kota Malang yang terdiri dari Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang. Bekerjasama dengan Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI) dan Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, HMPII menyelenggarakan serangkaian kegiatan berupa Lomba Mewarnai, Pawai Bersama, dan Story Telling bagi Siswa-Siswi TK di area Kota Malang.

Kegiatan tersebut terselenggara pada Minggu 21 September 2014 di Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang dan Area Car Free Day Ijen Malang. Kegiatan ini diikuti oleh Siswa-Siswi TK Tazkiah, TK RA Muslimat 06 Bumi Ayu Malang, dan TK 1 Atap Mojolanggu. Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 ini berjalan dengan lancar meski ada beberapa hambatan. Acara pertama yaitu pembukaan, beberapa ajakan untuk berkunjung ke perpustakaan sejak dini disampaikan oleh Ibu Dra. Welmin Sunyi Ariningsih, M.Lib, Perwakilan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dan Dra. Penny Indriawati Kepala Perpustakaan Kota Malang. Kegiatan dilanjutkan dengan lomba mewarnai gambar perpustakaan Kota Malang. Hiruk pikuk dan paniknya keluguan anak-anak TK dalam mewarnai membuat semakin riuh kegiatan pagi hari ini. Diseberang lain, mahasiswa perpustakaan se-Malang Raya juga tengah mengadakan aksi singkat dan teateritikal di Area Car Free Day Malang. Antusiasme penggunjung Area Car Free Day cukup terbukti dengan turut berbaurnya Mereka menyaksikan aksi.

Usai lomba mewarnai dan aksi teateritikal, Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian tas dari #BookTime untuk dikenakan pawai bersama mengitari Area Car Free Day Malang. Meski matahari sudah mulai terik, Mahasiswa dan Siswa/i TK tetap semangat. Tidak sedikit, partisipasi dari beberapa komunitas yang tengah berada di Area Car Free Day untuk mengikuti pawai. Antara lain Komunitas Jendela Malang dan Suporter AREMA. Kegiatan pawai diramaikan dengan gaung orasi mengajak masyarakat Malang untuk Perpustakaan serta nyanyian ala anak-anak TK. Agenda pawai pun berakhir pada pukul 09.30, tepat dengan berakhirnya Area Car Free Day Ijen Malang.

Para peserta pun kembali ke perpustakaan untuk mendengarkan dongeng dan nyanyian dari Kak Aziz sang pesulap dan Franklin serta pengumuman lomba mewarnai. Kegiatan ini pun berakhir tepat pukul 10.00 WIB dengan penyerahan hadiah kepada pemenang lomba dan sertifikat kepada TK yang sudah berpartisipasi. Meski sedikit aksi Kami, ini adalah bentuk dukungan Kami untuk mengawal pencerdasan kehidupan Bangsa. Salam Literasi !!

(Reporter : Fidan S)

HMPII

DPP HMPII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *