World Book Day Celebration Di Balai Kota Surabaya

Hari Buku Internasional yang jatuh pada tanggal 23 April setiap tahunnya merupakan bentuk apresiasi kepada salah satu penulis buku termasyhur di Eropa, William Shackepears yang meninggal pada tanggal tersebut. Yang mana ditetapkan oleh UNESCO pada konferensi PBB pada tahun 1995 di Paris. Terhitung sejak penetapan tersebut, banyak sekali kegiatan yang diperuntukan untuk peringatan hari buku sedunia tersebut. Dari berbagai negara dunia yang turut melibatkan berbagai kalangan masyarakat.

Salah satunya kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Yayasan Pengembang Perpustakaan Indonesia (YPPI) bersama Pemerintah Kota Surabaya pada 20 April 2014 di Taman Surya Surabaya. Kegiatan ini berupa tarian buku yang diciptakan oleh Drs. Tri Broto, Msi dan ditarikan oleh seribu siswa-siswi Sekolah Dasar kelas 4 & 5 dari berbagai sekolah di Kota Surabaya. Selain itu, kegiatan ini yang dihadiri oleh Wali Kota Surabaya, Ketua DPRD Kota Surabaya, dan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia ini berhasil memecahkan Rekor Museum Republik Indonesia sebagai tarian buku dengan peserta terbanyak.

“Membaca buku itu menyenangkan dan seharusnya bisa dinikmati semua anak Indonesia secara terus menerus hingga akhir hayat.” Ujar Direktur YPPI, Ibu Trini Haryanti, yang bersama timnya, merasa terpanggil hatinya untuk menjadi mediator literasi di Indonesia.

Kegiatan ini sekaligus merupakan perayaan Kota Surabaya yang telah berhasil mendapatkan International Socrates Awards pada bidang City of The Future (Kota Masa Depan) oleh Europe Business Assembly di London 15 April kemarin.Dalam hal ini HMPII juga turut berpartisipasi dengan menghadiri undangan di acara tersebut. World Book Day yang diselenggarakan atas kerjasama YPPI dan Pemerintah kota Surabaya ini memberikan makna bagi semua kalangan masyarakat terutama bagi anak-anak dan generasi pemuda untuk terus meningkatkan minat baca guna masa depan bagi dirinya sendiri sekaligus untuk kemajuan bangsa dan negaranya.

HMPII

DPP HMPII

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *